anggon-anggon kapanjaluan :

"PANJALU TUNGGULING RAHAYU TANGKALING WALUYA, MANGAN KERANA HALAL, PAKE KERANA SUCI, TEKAD - UCAP - LAMPAH SABENERE"

Minggu, 18 April 2010

Ribuan Warga Padati Upacara Nyangku

Kamis, 11 Maret 2010 10:44 WIB

CIAMIS--MI: Ribuan warga menghadiri upacara adat tradisi Nyangku, di alun-alun Panjalu, Kecamatan Panjalau, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (11/3).

Warga yang memadati lapangan alun-alun Panjalu menyambut kedatangan rombongan jemaah yang telah berziarah di makam Borosngora, Raja Panjalu yang dimakamkan di sebuah pulau Situ Lengkong.

Rombongan pembawa pusaka yang mengenakan pakaian muslimin dan muslimah beserta pakaian adat Sunda berjalan kaki bersamaan menuju alun-alun dengan jarak 500 meter.

Rombongan pembawa pusaka diiringi dengan lantunan musik rebana dan lantunan shalawatan menuju panggung di hadapan para ribuan masyarakat yang datang dari berbabagi daerah di Ciamis, maupun dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, dan wilayah Jawa Timur.

Salah seorang panitia pelaksana tradisi Nyangku, Tatang, mengatakan tradisi tersebut sebagai penghormatan jasa kepada para leluhur Panjalu oleh warga keturunan Panjalu dengan melaksanakan semacam upacara adat disebut Nyangku.

Ia menjelaskan upacara tradisi tersebut dilaksanakan dengan membersihkan pusaka yang disakralkan masyakat Ciamis khususnya masyarakat Panjalu dan keturunan Raja Panjalu.

Upacara Nyangku merupakan kegiatan yang dinanti-nanti masyarakat Ciamis, khususnya warga Panjalu, sehingga akan dihadiri oleh ribuan orang, termasuk dihadiri oleh para pejabat pemerintahan Kabupaten Ciamis.

Lokasi upacara adat Nyangku dari pusat kota Ciamis sekitar 40 Km ke arah utara, sedangkan dari arah Bandung langsung menuju Panjalu menyusuri jalan raya Tasikmalaya bagian utara. (Ant/OL-01)

Tidak ada komentar: